dengarlah indoneasiaku…!

2 09 2008

Hari ini untuk hari esok, dan hari-hari selanjutnya.
Hari yang seharusnya lebih baik dari hari kemarin. Indonesiaku yang tercinta….
Dunia teknologi semakin marak dan gencarnya beredar di kalangan mayarakat. Karena saat ini mayasarkat pun semakin mengerti dan paham akan sangat dan begitu bermanfaatnya sebuah teknologi meskipun hanya sebuah kalkulator. oleh sebab itu kini teknologi komputer yaitu teknologi yang bisa dibilang paling mutakhir mulai merambah segala jenis pasar, bukan hanya anak sekolah dan remaja biasa, kini komputer mulai digandrungi segala jenis usia dan gender. Itulah hebatnya dunia teknologi, yang tak mau membedakan berbagai jenis gender, usia, status sosial dan segala macam ras. Dengan teknologi yang sinarnya makin menerangi kehidupan dunia inilah segala sudut kalangan mulai mencoba menjelajahi yang namanya teknologi, utamanya komputer ini. Pasalnya komputer adalah subuah perangkat yang bisa menjadikan dunia ini beraneka ragam meriahnya dan mempermudah hidup.

Namun, kurang disadari para penikmat teknologi. Ternyata keanggunan teknologi yang sangat langka ini banyak yang disalahgunakan. Bilang saja seperti pembajakan berbagai perangkat lunak. Perangkat lunak atau yang biasa disebut software ini merupakan organ terpenting dalam komputer yang bertugas meneremahkan perintah dari pengguna untuk diteruskan ke pernagkat keras. Ini yang menjadi alasan mengapa software adalah barang yang teramat berjasa karena kecanggihannya. Dan software ini tidak bisa digunakan semaunya begitu saja, karena software ini pun disebut dengan karya cipta yang dilindungi oleh Undang-Undang. Mulai sekarang kita harus bisa menggunakan sesuatu yang legal, yang sesuai dengan aturan hukum. Dan bagi orang-orang yang masih menggunakan software bajakan alias palsu sebaiknya malu sebagai orang yang bermartabat. Hmmmmmmm……Terus bagaimana negara kita ingin berkembang jika ingin menguasai teknnologi tapi software yang harus dibeli itu harganya bisa dibilang mampu menyaingi mahalnya harga sebuah bahkan lebih dari beberapa komputer itu sendiri. Mungkin bisa muncul dari benak kita sebagai manusia yang berpikir, bagaimana bisa merajai teknologi kalau softwarenya saja tidak mampu dibeli? bagaimana bisa memanfaatkan teknologi untuk kehidupan kalau harganya saja diluar batas kemampuan…..? ahaa…..di sinilah matahari itu muncul bagi pengguna software bajakan….di sinilah era gratisan memiliki peran penting. Telah mengaum sudah di bumi pertiwi ini yang disebut Linux. Kini dunia teknoloogi bisa bernafas lega dengan datangnya perangkat lunak yang gratisan, apalagi ini adalah hal yang legal, tidak melanggar hukum. Sudah pasti bagi mereka yang menghargai sebuah karya cipta seseorang seyogyanya beralih pada Linux ini daripada harus pandai dalam segala macam teknologi dengan menggunakan software bajakan, percuma….! tidak berharga diri itu namanya. Marilah dengan perkataan “Go Open Source Indonesia” kita bersama-sama menjadikan indonesia bangsa yang memiliki harga diri dengan menjadi pecandu teknologi yang bangga dengan tidak menggunakan segala jenis pembajakan. Termasuk dalam bidang software sekalipun. Mulai belajar mandiri dengan sesuatu yang legal tentunya.
Dengarlah wahai Indonesiaku!…..





komentar apa itu!

30 06 2008

Spanyol…..Spanyol…..Spanyol…..

Mungkin suara itulah yang masih dan akan terus terngiang dalam sepekan terakhir ini. Karena Sang Matador itu pun kini telah merajai persepakbolaan di Eropa. Para punggawa-puggawa meraka telah mengantarkan Spanyol menuju gerbang penguasa di Euro 2008. Fernando Torres, sebut saja sebagai pahlawan pada malam itu karena dengan suntikan gol manisnya itu kursi kerajaan bisa didapatkan. Sementara itu David Villa sang top skor hanya bisa duduk dibangku cadangan demi menunggu detik-detik peluit akhir pertandingan dari wasit lantaran cedera kakinya sehingga tidak bisa main. Namun karena gol-gol spektakulernyalah Spanyol bisa sampai pada babak final dan kini menjadi Juara Euro 2008.

Perayaan spektakuler juga terdengar dari pendukung Spanyol di Indonesia. Dari nonton bareng yang beredar di seluruh penjuru nusantara. Namun berita kesedihan yang tiada tara muncul dari warga Jerman, tapi anehnya kekecewaan mereka dikeluarkan dengan komentar yang kurang wajar pada wartawan yang yang mewawancari pagi itu. Salah satu stasiun TV tanpa perlu disebutkan merek mewawancarai salah warga Jerman di tempat nonton bareng pada salah satu cafe di Jakarta. “Bagaimana pendapat Anda dengan akhir pertandingan tadi?”. “Saya mungkin agak kecewa dan tidak percaya dengan kekalahan Jerman dari Spanyol, tapi yang saya tanyakan hanya kapan Indonesia bisa masuk putaran Piala Dunia?. Komentar macam apa itu. Kalau memang mersa kecewa dengan tim favoritnya tolong jangan menjelek-jelekan bangsa orang doank!

Note: perubahan komentar seperlunya tanpa menghilangkan substansi dari komentar tsb, maklum penulis juga manusia yang tidak bisa mengingat 100% dari komentar tsb.





Apa sebabnya…..?

7 06 2008

Indonesia telah melampaui 100 tahun kebangkitan nasional yang telah diperingati besar-besaran oleh seluruh tumpah darah Indonesia sehingga suara itu telah menyeru ke segala penjuru bumi pertiwi. Mulai dari teriakan bangkit dalam bidang ekonomi, sosial, politik serta bidang-bidang lainnya. Bahkan dietiap jam di tv terdapat banyak sekali iklan-iklan yang menyerukan kebangkitan Indonesia. Kebangkitan yang sempurna, kebangkitan yang jaya seperti dulu kala yang mampu mengusir penjajah.

Namun, belum lama kebangkitan itu diserukan tapi mengapa kekacauan di sana-sini yang  seperti kucing yang sedang berkelahi dengan begitu garang. Hari kebangkitan Pancasila pun jadi korbannya. Tanggal 1 Juni tepatnya, ketika Aliansi Kebangsaan Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan (AKKBB) yang baru menyelesaikan aksi damai di silang Monas. Masa Front Pembela Islam (FPI) merangsek masuk dan melakukan pengejaran serta pemukulan terhadap massa AKKBB. Dan tindak kekerasan itu pun terjadi dengan terdengarn suara gemuruh “Anti Ahmadiyah”. Entah apa yang sedang terjadi dan apa sebabnya tapi, yang jelas itu bukan merupakan tindakan warga Indonesia yang berlandaskan Pancasila. Baik dengan lasan provokasi atau sebagainya tindkan FPI itu harus segera diselesaikan oleh pihak yang berwajib. Pihak yang wajib menangkap siapa saja pelaku pelanggar hukum iitu termasuk provokator dibalik semua itu.

Ayo Pak Polisi maju terus, kejar terus, tangkap teras, dan terang terus.





semoga mimpi belaka….

24 05 2008

Pukul 08.00 malam adalah hari yang melelahkan untukku. Hari yang sungguh benar-benar mengasatkan mata dengan berbagai antrian manusia pemuja BBM murah. Yang dimana BBM murah itu tinggal beberapa jam saja akan segera lenyap dari hadapanku. Dengan ajakan beberapa orang sahabat yang pengertian kucobalah ikut untuk mengantri di salah satu POM bensin terdekat. Dengan harapan yang tinggi yaitu mendapatkan BBM beserta harga lamanya. Meskipun hanya 2 liter cukup berharga bagi seorang pelajar seperti saya. Semangat menggebu pun mendukung ideku yang boleh dibilang yaahuuut tersebut. Suzuki Shogun kutunggangi hingga sampai pada POM bensin tujuanku. Namun, beberapa meter dari POM bensin itu aku melihat kerumunan orang yang berjejer tak rapi bagaikan bebek yang mau diberi makan oleh majikannya. Suara sirine dan udara yang panas mencoba menghalangiku untuk tidak ikutan mengantri dan dorongan harga murah pun turut serta menghasut batin. Beberapa menit kuberpikir ternyata tak cukup membantu untuk mendapatkan posisi terdepan dari puluhan pengantri BBM murah itu. Mencoba untuk menghitung banyaknya pengantri dengan harapa bisa memperhitungkan waktu yang saya butuhkan untuk mendapatkan BBM yang murah. Tapi, baru sampai hitungan ke tiga puluhaku sudah tak kuat untuk melanjutkannya. Lebih baik pulang dan tidur daripada harus menunggu bensin yang tak lain hanya 2 liter untuk Shogunku itu. Tanpa pikir panjang gas pun kutancap dengan cepat dan berharap di tengah perjalanan kutemukan bensin eceran yang mungkin bisa membantu motorku yang haus itu. Apa daya ternyata sepanjang jalan pulang tiada satupun bensin eceran itu terlihat. Pupus sudah harapanku mendapatkannya. Tak mau ambil pusing langsung saja kurebahkan tubuhku di atas kasur. dalam mimpi aku hanya bisa berharap semoga kenaikan har BBM ini bukanlah hal yang nyata…..





bangkit bukan untuk tertidur kembali…..

17 05 2008

jelang hari sore membuat kumengerti bahwa jam pelajaranku hari ini telah usai. Dengan disambut suara adzan asyar yang menandakan kalau sekolahku harus diakhiri. Tak lepas dari semua itu kucium tangan dari bapak/ibu guruku yang selalu mengajar tanpa ada keluh kesah untuk segera pulang dan beristirahat. Namun, sebelumnya kusempatkan diriku untuk menggunakan masjid sekolahku sebagai persinggahaan sejenak demi melepas penat dan melaksanakan sholat asyar berjamaah dengan teman-temanku yang juga akan pulang setelahnya. Air wudhu pun terasa begitu menyegarkan tubuhku yang telah kering karena panas  udara yang begitu menyengat. Perasaanku amatlah tenang seusainya dan tak terasa di dalam benakku terlintas sebuah angka, 20….. Mei 2008 merupakan seratus tahun hari kebangkitan nasional yang berkumandang sejak berdirinya perkumpulan pemuda pertama yakni Budi Utomo. Perkumpulan yang mampu memberikan inspirasi dan semangat bagi kaum pemuda untuk bersama-sama bergerak membangkitkan bangsa yang mentalnya telah layu akibat tindakan tak berperikemanusiaan dari para penjajah. Yang pada akhirnya bisa menggugah hati pemuda Indonesia untuk bangkit bahu-membahu membangun Indonesia hingga bisa terlepas dari jeratan kesengsaraan yang tanpa henti.
Demi melanjutkan pembangunan Indonesia untuk tumbuh menjadi bangsa yang kembali disegani oleh dunia, perjuangan itu pendidikanlah yang menjadi faktor utama terpenting yang bisa diandalkan untuk itu. Dan tak lain peran itu adalah peran yang dipegang oleh guru, sang pahlawan tanpa tanda jasa dan para siswa-siswinya. Akan tetapi kini mereka mendapat sorotan hangat dari media massa tentang kebocoran soal UNAS yang bisa dibilang sudah menjadi tradisi. Mulai dari SD sampai dengan SMA, hal ini seperti sesuatu yang biasa. Kalau tidak dihentikan kapan Indonesia ini menjadi bangsa yang bangkit, meski telah dibangkitkan oleh para pemuda Budi Utomo tapi hal ini tidak dihentikan, pastinya bangsa ini akan kembali tertidur. Lalu siapa yang meneruskan perjuangan mereka. Perjuangan para pemuda yang disebut sebagai pahlawan kebangkitan nasional. Pahlawan yang teramat sulit membangkitkan Indonesia namun kini justru tertidur kembali. Ingin sekali aku berkata pada mereka satu-persatu bahwa Indonesia ini negri yang megah dan bermartabat. Kita bisa lulus UNAS dengan sesuatu yang murni yang disertai tekun belajar dan do’a tentunya. Karena keingninan kita adalah sama menjadikan Indonesia negri yang elok kembali yang dimulai dari segi kejujuran. Bersaqma-sama marilah kita bentuk kesatuan pelajar yang bangkit dan berjaya diujung sang merah putih. ………pasti bisa……..





hidup polisiku….

1 05 2008

dunia terbuka…dunia berbicara
hidup Indonesiaku hidup Pak Polisiku
kabar gembira aku dengar dan kulihat dari kepolisian Indonesia. Kabar segar yang terbang meski dibawa angin yang kurang segar tetap aja rasanya sejuk. Kabar ini berkenaan dengan peraturan ketertiban lalu lintas. Yaitu masalah kendaraan bermotor yang parkir di sembarangan tempat. Kalau hal ini dibiarkan saja, pastinya akan mengganggu kelancaran berkendaraan bagi masyarakat karena itu Pak Polisi sekarang telah bertindak tegas terhadap mereka. Terhadap orang-orang yang tidak tahu tempat parkir dan memarkir mobilnya sembarangan. Hasilnya hal ini bisa mempersempit jalan dan mengakibatkan kemacetan. Padahal tanpa parkir kaya’ giru aja hampir seluruh penjuru kota di Idonesia sudah macet, apalagi parkir sembarangan secara yaaah…

Uniknya tindakan dari pihak kepolisian ini bisa menggugah selara tawa kita. Pasalnya mobil-mobil yang parkir sembarangan, rodanya akan digembok. Dan alamiahnya tuh pemilik mobil akan kebingungan sembilan keliling lantaran mobilnya ga’ bisa dijalanin, kondisi ini dibiarkan selama lima belas menit jika pemilik tiada kunjung datang maka mobil tersebut akan dibawa kekantor polisi dan bila ngambilnya telat akan dikenakan sewa tempat parkir dari pihak kepolisiian karena mobilnya diparkir di sana. Haa…haaaa….haaaa…. rasaain tuh pemilik mobil yang suka parkir ngawur.
Kenapa yaah kok aku senang sekali dengan turunnya peraturan yang baru ini. selain karena unik peraturan ini bisa mengurangi kemacetan jalan sehingga bisa lancar-lancar wae. Terus yang terpenting aku belum punya mobil hee…hee..heee…jadi ga’ usah repot mikirin parkir deeeh.





melepas penatku….

26 04 2008

hay haiii

semua orang yang sedang baca tulisan ini.
aku ngga’ tahu neeh harus nulis apaan. Masalahnya hari ini tuh aku sedang sumpek banget. bukan sekedar banget yaaah tapi buuuaaanget deh pokoknya. Masak akhir2 ini aku kedatangan masalah yang banyak banget.
Mulai dari berangkat sekolah telat sampai dimarahi sama guru yang tiada henti, terus nilai ulanganku minggu ini kurang menggembirakan hatiku yang sedang gundah gulana, terus yang paling parah niih, sepatu kesayanganku yang kena sita sama Bapak/Ibu guru. Aduuuh, gimana seeeh aku ini. Sepatu kesayangku yang telah lama kuidamkan dan kudambakan itu ternyata pindah tangan dengan mudahnya. Sepatu yang bukan sembarang sepatu lagi, itu sepatu aku belinya lamaaa sekali lantaran harus ngumpulkan uang  sakuku dulu. Sekarang telah pergi meninggalkan diriku sendiri di sini. Aku kesepian lho, sepatu… Masak sieeh Ibu guru ku tuh ngga’ mau tahu dengan perasaanku ini, tetap aja ngambil sepatu mungilku itu. Padahal disepatu itu tertera kata yang sangat bijak sekali, “NO DRUGS”.  Lebih bijaksana dari aku seeh ,tapi aku tetap bangga dengan sepatuku itu. Aku berjanji akan menyelamatkanmu sepatu, bertahanlah….aku pasti datang menyelamatkanmu. Sabar yaaaaaaah !